My Blog

Just another Blog Universitas Bunda Mulia site

Apa sih Stres itu ??

on August 23, 2013

stres  Kata “stres” sering sekali kita dengar dalam kehidupan sehari-hari. Namun apakah kata “stres” itu sendiri ??

Stres adalah perasaan subjektif yang dihasilkan dari peristiwa yang tidak terkontrol atau mengancam.  Stres bukan merupakan situasi, tetapi mengacu pada bagaimana seseorang merespon situasi tertentu. Misalnya, seorang mahasiwa yang ingin menghadapi sidang skripsinya dan ia merasa stres. Stres tersebut muncul sebagai manifestasi dari perasaan  kacau yang disebabkan oleh kondisi/peristiwa ujian yang tidak bisa dikontrolnya. Peristiwa yang menyebabkan stress disebut dengan stresor, yang terdiri dari beberapa komponen yaitu :
- Stresor bersifat ekstrim, bisa menghasilkan perasaan overload.
- Stresor seringkali menghasilkan kecenderungan yang berlawanan, misalnya mau dan tidak mau.
- Stresor tidak dapat dikendalikan.

Stres bisa muncul dari mana saja ??

  • Daily Hassles : Sumber utama stres pada sebagian besar orang adalah kesibukan sehari-hari. Meskipun sifatnya minor namun kronis dan berulang , seseorang dengan sejumlah stres minor yang banyak akan lebih sering menderita gejala-gejala fisik dan psikis.
  • Major Life Events : Peristiwa-peristiwa yang membutuhkan orang untuk melakukan penyesuaian diri besar dalam hidup mereka. Ada 3 karakter yang terhubung dengan stresor : intensitas, konflik, dan tidak terkontrol

Variasi Stres

  • Acute stress : Hasil dari permintaan/tuntutan yang terjadi secara tiba-tiba dan biasanya mengalami tegangan di kepala, marah/emosional, merasa tertekan.
  • Episodic acute stress : lebih serius; episode acute stress yang terjadi berulang; dapat mengarah pada  migrain, hipertensi, stroke, cemas, depresi
  • Traumatic Stress : bentuk yang lebih besar dari acute stres; efeknya bisa terus ada selama beberapa tahun atau mungkin sepanjang kehidupan; kumpulan dari gejala-gejala stres disebut dengan PTSD (sindrom/gejala yang terjadi pada beberapa orang yang mengalami atau menyaksikkan peristiwa yang mengancam).
  • Chronic Stress : serius; hari demi hari, chronic stress semakin membuat kita turun sampai akhirnya perlawanan kita hilang. Biasanya dialami oleh orang yang menderita penyakit serius, misalnya gangguan pernafasan, diabetes, dan sebagainya.

 

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>